Merancang Desain Kubah Masjid Dengan Menggunakan Vektor

Dalam dunia grafis atau desain grafis, ada banyak aplikasi yang bisa kita gunakan untuk mengolah gambar digital. Setidaknya ada dua jenis gambar yang dihasilkan melalui proses digital, yaitu gambar berbasis vektor dan gambar berbasis bitmap. Kita harus membedakan antara dua jenis gambar, karena masing-masing memiliki kelebihan yang berbeda, tergantung pada bagaimana kita menggunakannya. Jadi, tahukah Anda apa gambar vektor itu? Bagaimana kita menggunakan gambar vektor untuk mendesain kubah masjid?

Kita bisa mendesain kubah masjid menggunakan gambar vektor karena memiliki banyak keunggulan. Gambar vektor adalah gambar non-resolusi. Gambar vektor adalah gambar yang disimpan sebagai persamaan matematika atau yang biasa disebut algoritma yang menunjukkan garis, kurva, dan bentuk lainnya yang sangat cocok dengan desain kubah masjid. Karena gambar vektor adalah hasil dari kurva, garis, dan bidang, setiap elemen gambar vektor memiliki batas dan isi sehingga kita dapat menyesuaikan kubah masjid yang kita buat sesuai dengan kreativitas kita. Sangat mudah untuk mengurangi atau memperbesar gambar vektor ini, tetapi tanpa meremehkan kualitas gambar kubah masjid. Gambar vektor tidak tergantung pada akurasi; ketika kita mengurangi atau meningkatkannya, kubah masjid akan tetap memiliki kualitas yang sama. Selain itu, ia memiliki ukuran file yang lebih kecil, yang dapat dikurangi atau ditingkatkan tanpa harus mengubah ukuran file kubah masjid. Untuk membuat masjid vektor kubah, kita dapat menggunakan program seperti Corel Draw, Adobe Illustrator dan Macromedia Freehand.

Saat merancang disain masjid vektor, akan sangat nyaman jika Anda menggunakan perangkat lunak menggambar Corel, karena ada keuntungan jika Anda merancang kubah masjid dengan gambar vektor, termasuk:

1. Kubah masjid akan fleksibel, artinya kubah masjid akan memiliki keputusan independen, karena dapat menjadi kualitas output tertinggi pada skala apa pun.

2. Gambar vektor kubah dapat dikurangi ukurannya dan ditambah untuk setiap font dan skor, tetapi kubah masjid vektor akan tetap tajam pada layar dan saat dicetak.

3. Ruang bawah tanah Masjid Vektor, yang dapat dicetak pada resolusi tertinggi untuk printer.

4. Mengubah karakteristik tubuh pembatas masjid tidak akan mempengaruhi tubuh itu sendiri.

5. Merancang dan mengubah bentuk kubah dari pemegang masjid akan lebih menyenangkan dan relatif lebih mudah.

6. Vektor masjid kubah sangat cocok untuk menggunakan gambar vektor dalam warna solid.

Untuk menggambar kubah masjid secara umum, kubah masjid identik dengan bentuk hati terbalik. Bagaimana cara membuat masjid vektor kubah?

1. Buat kotak, lalu edit kotak pada kurva untuk menyederhanakan proses pengeditan dengan mengklik Daftar dan Atur dan kemudian mengonversi ke Kurva, Anda juga dapat menggunakan Crtl + Q. Kemudian pada bilah alat, pilih Shape Tools, pilih node di sudut kiri atas kotak dan kemudian Hapus untuk menghapus simpul.

2. Kotak menjadi segitiga siku-siku. Masih menggunakan alat bentuk, klik pada sisi terpanjang dari segitiga. Perhatikan bilah properti, yang akan menampilkan opsi untuk mengedit baris yang baru saja Anda klik. Karena kita akan membuat busur, pilih gambar melengkung atau ubah garis menjadi kurva.

3. Kemudian edit garis dalam braket. Menggunakan alat bentuk lagi, kami memilih simpul segitiga untuk atap. Kemudian dua garis biru akan muncul untuk menyesuaikan kelengkungan. Gambarlah garis biru untuk mengitari garis ortogonal untuk menghasilkan kurva internal. Setelah waktu yang cukup, kami melanjutkan untuk menentukan simpul di sisi kiri segitiga. Pada simpul ini, seret garis bantu untuk menghasilkan kurva atau kurva cembung.

4. Karena begitu lebar, kami memilih simpul di sudut kiri lagi dan kemudian seret ke kanan dengan menekan Crtl untuk tetap lurus atau tidak bergerak sehingga kubah yang dibuat tidak terlalu lebar.

5. Selanjutnya, kami akan menduplikasi objek menggunakan teknologi cermin. Gambar yang kami buat masih setengah kubah. Sekarang adalah waktu untuk mengubah kubah masjid menjadi kubah penuh dengan mengklik gambar kubah setengah sebelumnya menggunakan alat seleksi. Oleh karena itu, kami arahkan penunjuk dari kiri ke kanan pada titik aktif dari titik tersebut; jika penunjuk tetikus berbentuk panah dua arah, tekan Crtl untuk membuatnya paralel dan seret ke kanan untuk menduplikasi cermin menggunakan garis ortogonal sebagai porosnya. Setelah mendapatkan salinan yang benar, klik kanan untuk menggandakan setengah dari kubah sepenuhnya. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *